Kursus Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Rabu, 13 Mei 2015

Pentingnya Memiliki Situs Toko Online dengan Domain Sendiri dalam Berjualan Online


     Dunia internet semakin diramaikan dengan banyaknya masyarakat yang memanfaatkan media online untuk berjualan. Bahkan transaksi online dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan. Beberapa diantara para online ada yang membuat situs toko online dengan nama domain sendiri dan banyak juga yang memanfaatkan media sosial sebagai tempat mereka berjalan. Terlebih lagi Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna media online terbesar di dunia.
     Berkaitan dengan dunia online shop, seberapa penting kah seorang penjual online memiliki situs toko online dengan nama domain sendiri? Atau cukup hanya dengan mengandalkan media sosial saja?
     Memiliki situs toko online dengan nama domain sendiri adalah hal yang sangat penting. Dengan memiliki situs toko online tentu akan berguna dalam menambah kredibilitas dari online shop yang Anda miliki.
     Saya pernah beberapa kali menemui kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum penjual online di facebook. Kemudian si korban penipuan menscreenshot akun dari penipu tersebut dan mengeksposnya di facebook dengan tujuan para facebooker lain berhati-hati dan tidak melakukan pembelian dari akun penipu tadi. Hal yang sama juga sering dilakukan oleh para pelanggan bila mereka merasa dikecewakan oleh sebuah akun olshop di Facebook. Namun sayangnya cara tersebut tidak akan terlalu berhasil bahkan mungkin sia-sia karena si penipu bisa merubah akunnya dengan mudah atau pun mungkin membuat akun baru dan kembali melakukan penipuan dan bisa jadi si korban tadi bisa tertipu yang kedua kalinya.
     Lain halnya bila yang melakukan penipuan tersebut sebuah website toko online. Anda tinggal menscreenshot lalu mengeksposnya di media sosial maka teman-teman Anda yang lain akan terhindar dari aksi negatif tersebut. Karena nama domain toko online berbayar tidak bisa dirubah selama masa kontrak dari domain tersebut masih berlaku. Selain itu para pemilik website toko online tentu tidak mau melakukan hal yang bisa meruntuhkan nama baik dari website toko onlinenya.
     Itulah sebabnya melengkapi olshop Anda dengan website toko online akan lebih kredibel dbanding hanya mengandalkan media sosial yang bersifat gratisan.
     Dengan berkembangnya teknologi, mengelola website toko online semakin mudah dengan adanya pembuat situs toko online instan yang bisa dioperasikan dengan mudah. Namun ada hal yang harus diperhatikan bila Anda mau mencari hosting untuk membuat atau menyewa website toko online. Pertama bacalah testimoni dari penyedia hosting atau pembuat toko online tersebut. Perhatikan juga kelengkapan fitur-fitur yang disediakan seperti ongkos kirim otomatis, opsi pembayaran, dsb.
     Selamat berjuang menjadi entrepreneur!