Kursus Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Minggu, 10 Mei 2015

Belajar Bahasa Inggris Full Conversation, Mungkinkah Bisa?

     Bisa menguasai bahasa inggris sudah menjadi sangat penting di jaman sekarang ini. Betapa tidak, bahasa inggris merupakan bahasa yang dipakai oleh lebih dari 400 juta penduduk dunia. Terlebih lagi bahasa inggris menjadi bahasa komunikasi yang paling umum digunakan jika orang dari suatu negara dengan negara lain yang berbeda bahasa.
     Dengan bisa berbahasa inggris maka akan menambah kualitas orang tersebut dimata orang lain. Jika ada dua orang dengan latar belakang ijazah dan nilai yang sama melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan atau instansi sementara satu diantara dua orang tersebut bisa berbahasa inggris, biasanya orang yang bisa berbahasa inggris lebih dipertimbangkan untuk diterima di perusahaan tersebut.
      Bicara tentang belajar bahasa inggris, ada hal yang menarik untuk dibahas. Ada yang pernah mendengar tentang kursus bahasa inggris online full conversation?  Beberapa diantara Anda mungkin pernah mendengar tentang kursus online bahasa inggris yang diselenggarakan oleh belajaringgris.net tersebut. Sistem dan materi belajar di tempat tersebut memang mengutamakan conversation/percakapan dan tidak ada bimbingan langsung dari instruktur/pengajar untuk belajar grammar, semuanya full conversation. Peserta kursus bahasa inggris di tempat tersebut sangat banyak. Bahkan di facebook, anggota Fanpagenya termasuk yang paling banyak dilike jika dibandingkan dengan fanpage tempat kursus bahasa inggris online lainnya.
     Timbul sebuah pertanyaan manakah yang perlu lebih diprioritaskan antara menguasai grammar terlebih dahulu atau memperbanyak/mengutamakan belajar lewat conversation (yang mencakup listening, pronouncing dan vocabulary)? Mari kita simak pembahasan berikut ini!
     Pernahkah terlintas di fikiran Anda mengapa orang sunda bisa berbahasa sunda, orang jawa bisa berbahasa jawa, orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia, orang inggris bisa berbahasa inggris, orang Spanyol bisa berbahasa Spanyol dan lain sebagainya? Jawabannya sederhana, orang sunda bisa berbahasa sunda karena sejak kecil dibawa melakukan percakapan (conversation) dengan bahasa Sunda. Mereka mungkin tidak langsung belajar tata bahasa/grammar sejak kecil dan  belajar tata bahasa (grammar) Sunda lewat sekolah justru setelah mereka bisa beekomunikasi bahasa sunda. Orang Sunda bisa berbahasa Sunda bukan semata-mata karena dia orang Sunda faktanya banyak keturunan orang Sunda yang tidak bisa berbahasa Sunda. Biasanya mereka adalah orang Sunda yang urban ke kota dantidak diajak melakukan percakapan/conversation bahasa Sunda oleh orang tua mereka. Kenapa kita bisa berbicara bahasa Indonesia? Karena kita  terbiasa  melakukan perbincangan/conversation dengan bahasa Indonesia dan kita belajar tentang tata bahasa (grammar) Indonesia (seperti struktur kalimat dsb) disekolah justru setelah kita bisa berbicara dan berkomunikasi bahasa Indonesia. Mungkin hal itu juga berlaku bagi orang Inggris, Spanyol dll.
     Dari ilustrasi diatas sudah bisa diungkapkan bahwa belajar bahasa inggris lewat conversatio-pun memungkinkan untuk kita bisa berbicara bahasa inggris. Bahkan mungkin belajar conversation perlu mendapat prioritas yang lebih banyak dari grammar dan belajar grammar bisa dilakukan setelah kita memiliki kemampuan conversation.