Kursus Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Sabtu, 11 Juli 2015

MEMINUM AIR PERASAN LEMON DI PAGI HARI LEBIH BAIK DARI SECANGKIR KOPI

Picture by: pixabay.com


Sebagian dari Anda mungkin punya kebiasaan meminum secangkir kopi atau teh di pagi hari. Namun tahukah Anda bahwa minuman yang lebih direkomendasikan untuk diminum di pagi hari yaitu segelas air lemon hangat.

Air lemon mempunyai manfaat yang besar bagi tubuh diantaranya menambah asupan vitamin C, menurunkan berat badan dan meningkatkan fungsi pencernaan.

Hal tersebut seperti yang direkomendasikan oleh seorang ahli gizi Ann Louise Gittleman, penulis buku "Fat Fush For Life". Ann merekomendasikan untuk menambahkan setengah perasan air dari lemon dengan segelas air panas. Untuk meningkatkan metabolisme tubuh, tambahkan sejumput bubuk kayu manis dan sejumput bubuk jahe.

Manfaat minum air lemon hangat pertamakali pada pagi hari
Menurut Louise Atkinson dalam sebuah artikel yang dimuat di situs Daily Mail menyatakan bahwa minum air lemon pertama kali pada pagi hari akan merangsang sistem pencernaan Anda. Hal ini akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap lebih banyak nutrisi. Penyerapan gizi yang buruk bisa menyebabkan perut cepat lapar.

Berikut ini beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan dari segelas air lemon.

Mengeluarkan racun atau efek detoksifikasi

Air lemon yang masuk ke dalam tubuh akan membantu "menyiram" ginjal dan liver dari limbah dan racun.
Hal tersebut juga bisa membantu membersihkan sistem limfatik yaitu sistem tubuh lain yang juga bertugas menghilangkan racun.

Meningkatkan metabolisme lemak

Tubuh menyimpan lemak lebih banyak ketika mengalami dehidrasi, karena ginjal membutuhkan bantuan fungsi hati pada saat tubuh dalam keadaan ini. Hal tersebut bisa menghambat kemampuan hati untuk membakar lemak.

Disinilah air lemon bermanfaat karena bisa menghambat dehidrasi. Lemon juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk memetabolisme lemak.

Memenuhi kebutuhan vitamin C

Lemon kaya akan kandungan vitamin C. Satu buah lemon menyediakan sekitar 30,7 mg vitamin C. Orang yang mengkonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki sistem pencernaan yang lebih efisien. Vitamin C juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu membantu mencegah penyakit jantung koroner, menurunkan resiko stroke, katarak dan asam urat.

Lemon juga bermanfaat meningkatkan keasaman sistem pencernaan yang akan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih baik. Penyerapan kalsium membantu menurunkan berat badan, karena kalsium disimpan dalam sel lemak. Semakin banyak kalsium dalam sel-sel lemak tubuh, maka semakin mudah untuk membakarnya.

Manfaat anti oksidan

Manambahkan satu sendok makan jus lemon ke dalam air hangat sebagai minuman Anda akan memberikan Anda 1.600 kapasitas serap oksigen radikal bebas atau ORAC.

ORAC adalah pengukuran yang dikembangkan oleh National Institute of Health yang digunakan untuk mengukur kapasitas antioksidan dalam makanan.
Salah satu antioksidan yang terdapat dalam lemon adalah jenis eriocitrin, yang dapat melindungi dari radikal bebas di organ hati.

Sumber
makassar.tribunnews.com