Kursus Bahasa Inggris

Belajar Bahasa Inggris

Selasa, 17 Maret 2015

Efek Buruk Terlalu Tingginya Level Kandungan Vitamin D dalam Darah

     Selama ini mungkin kita ditakutkan dengan akibat buruk dari kekurangan vitamin D. Tapi tahukah Anda bahwa kelebihan vitamin D juga berbahaya bagi kesehatan kita.
     Dikutip dari Healthmeup.com, menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Copenhagen, ada kaitan antara terlalu tingginya vitamin D dalam darah dengan bertambahnya resiko kematian yang diakibatkan penyakit jantung dan stroke.
Riset dilakukan dengan meneliti level vitamin D dari 247.574 orang dan mempelajari angka resiko kematian mereka dengan periode penelitian selama 7 tahun. Selama kurun waktu penelitian tersebut diketahui 16.645 orang meninggalkan.
     "Kami telah melihat apa penyebab kematian pasien dan ketika angka kematian melewati angka seratus, nampak bahwa ada resiko kematian yang tinggi dari stroke dan serangan jantung." Kata Peter Schwarz, seorang Profesor dari dari University of Copenhagen, Denmark.
     Namun sayang sekali Schwarz tidak menjelaskan bagaimana proses sehingga kelebihan vitamin D dalam tubuh tersebut bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung.
     Lebih lanjut Schwarz menjelaskan jika level kandungan vitamin D dibawah 50 atau diatas 100 nanomol perliter maka akan meningkatkan resiko kematian.
     "Dengan kata lain, kandungan vitamin D tidak boleh terlalu rendah dan terlalu tinggi. Kandungan yang seharusnya adalah antara 50 - 100 nanomol perliter dan studi kita mengindikasikan bahwa level yang paling disukai adalah 70." Schwarz menambahkan.
     Banyak hal yang "bertanggung jawab" terhadap level vitamin D dalam darah seperti warna kulit dan berat badan. Mungkin satu-satunya cara untuk mengetahui level kandungan vitamin D dalam tubuh kita hanyalah melalui tes darah.
     Semoga hal ini menjadi perhatian bagi kita.